Kamis, 31 Mei 2012

Sejarah Singkat Tablet PC

| Kamis, 31 Mei 2012 | 4 komentar


Baru - baru ini tablet PC dapat di definisikan sebagai komputer portable yang berlayar sentuh dengan dukungan sistem operasi yang adaptif terhadap protabilitas dan interface sentuhannya.

Dilihat dari perkembangannya, sebuah tablet PC awalnya hanya rekaan beberapa oran akan gadget masa depan. Kemudian jenis perangkat ini mulai di adaptasikan sebagai e-book reader hingga akhirnya menjadi seperti yang saat ini banyakdi temukan di pasaran.

Peran sistem operasi yang bermain di dalamnya pun menjadi salah satu tonggak kebangkitan perangkat Tablet. Dengan semakin intuitif dan mampu memuaskan keinginan manusia, kebutuhan akan tablet PC pun semakin besar.

Pada Tahun 1968 Alan Kay memperkenalkan konsep Tabletnya yang di sebut "Dynabook". Sampai saat ini konsep rekaan Tablet PC karya Alan Kay belum di realisasikan.

Kemudian pada tahun 1980 telah di perkenalkan sebuah Tablet yang dapat menterjemahkan sentuhan pena elektronik dan tulisan tangan dengan algoritma tertentu, Tablet itu di beri nama namakan Pencept.


Tidak mau kalah, Apple juga mengeluarkan Tablet pertamanya pada tahun 1993 yang di beri nama Newton Apple dengan ukuran layar 6 inchi dan berat 800 gram.

Knight-Ridder, merupakan sebuah konsep tablet yang di tayangkan dalam iklan televisi dan di perkenalkan pada tahun 1994. Tetapi Tablet ini tidak jadi di produksi secara masal, dikarenakan harga Tablet ini sangat mahal.


Pada tahun 1996 di perkenalkan sebuah Tablet "Webbook" yang dapat di gunakan untuk browsing di internet. Tetapi Tablet ini tidak pernah di produksi secara masal.

Tahun 2000 sebagai raja OS komputer saat itu, Microsoft menggandeng beberapa pabrikan untuk melepas device yang dapat menjalankan OS khusus untuk Tablet, Microsoft Tablet-PC.


Modern Tablet, dengan kehadiran tablet buatan Apple di tahun 2010, pandangan orang akan tablet menjadi berubah. Jika sebelumnya tablet masih berkutat untuk menjadi alat pengenal tulisan tangan atau membaca buku digital, maka dengan hadirnya iPad, tablet menjadi lebih fungsional dan tidak lagi rit untuk di bawa kemana - mana (sudah lebih portable dan fun).

Dalam perjalanannya, meski banyak OS yang bermain di dalam persaingan tablet modern, kita bisa menemukan 3 OS yang cukup besar berpengaruh

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Bagaimana dengan sejarah Smartphone

http://www.myworldgadget.com

gaptek mengatakan...

kira" dlu berapa yaw harga tablet gan mungkin sampai 20 juta

Techiru mengatakan...

@All Top News..
Untuk Sejarah Smartphone semoga bisa di post pada kessempatan yang akan datang... :)

@gaptek..
Yuupz, mungkin aja mas bisa smpe puluhan juta,.
soalnya para pendahulu tablet banyak yang gagal release gara - gara harga jual yang terlalu mahal.. :)

suka mengatakan...

gile, dulunya barang yg tak mungkin sekarang sudah lumrah, harga 1jt dah dapet tablet mantabss

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar